7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium yang Pasti Menguntungkan

  • Home
  • Perikanan
  • 7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium yang Pasti Menguntungkan

Cara budidaya udang air tawar di aquarium merupakan kosa kata yang paling banyak di cari dalam mesin pencarian. Sebagaimana kita tahu bahwa udang air tawar menjadi salah satu primadona produk hasil budidaya yang paling diminati.

Konsumsi udang air tawar juga terus mengalami peningkatan secara signifikan dari waktu ke waktu. Pasar utama udang air tawar adalah para pemilik warung makan mulai dari warung kaki lima hingga restoran bintang lima yang sama-sama menyajikan udang sebagai menu makanan. Tingginya permintaan pasar akan udang air tawar justru tidak diimbangi dengan jumlah prosuksi di kalangan pembudidaya.

Alsan klasik yang paling sering muncul adalah kondisi cuaca dan alam yang tidak mendukung. Sehingga terkadang dalam setengah masa budidaya sudah mengalami kegagalan bahkan saat panen produktifitas tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tentu saja hal ini menimbulkan sebuah polemik dimana harga udang air tawar selalu saja tinggi dipasaran.

Karena itulah, pangsa pasar konsumsi udang air tawar hanya menyosir kalangan menengah ke atas yang notabene adalah orang orang yang memiliki kemampuan mumpuni dari segi ekonominya.

Beberapa pembudidaya kemudian mulai memutar otak dan mencari alternatif budidaya yang bisa meminimalisir resiko. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merubah lingkungan budidaya yang tadinya di tambah ke dalam kolam aquarium.

Rasanya sedikit nyeleneh, namun budidaya udang air tawar dalam aquarium dirasa menjadi pilihan paling tepat untuk mengintensifkan perawatan dan pemeliharaan yang pastinya bisa mendukung keberhasilan dalam budidaya. Penasaran bukan, berikut 7 Cara Budidaya Udang Air Tawar Di Aquarium yang pasti menguntungkan.

1. Persiapan Media Budidaya (Aquarium)

Langkah pertama dalam budidaya ini, tentu saja harus mempersiapkan aquarium. Anda bisa dengan mudah mendapatkan aquarium di toko-toko penjualan, atau jika ingin membuatnya maka anda harus sedikit repot.

Untuk ukuran aquarium sebaiknya pilih yang ukurannya bervariatif, anda nanti bisa menyesuaikan dengan jumlah bibit yang akan dimasukkan kedalam aquarium. Sebagai dasar anda bisa menggunakan patokan 10 ekor udang untuk 1 meter persegi dengan tinggi akuarium 80-100 cm. Jika memutuskan untuk membuat aquarium sendiri maka pastikan gunakan kaca berukuran tebal.

.. ..

2. Pemilihan Bibit 

Setelah persiapan aquarium selesai maka tahapan selanjutnya adalah memiliki bibit. Dalam hal ini pastikan Bahwa bibit yang akan digunakan merupakan bibit yang berkualitas dan juga memiliki produktifitas tinggi. Untuk mempermudah proses pemilihan bibit maka anda dapat menggunakan kriteria sebagai berikut :

    Bibit yang dipilih merupakan bibit udang air tawar yang sehat dan tidak terpapar hama serta penyakit.

    Memiliki warna kulit cerah mengkilap.

    Memiliki gerakan yang aktif dan juga lincah.

    Ukuran benih dan bobotnya seragam.

    Serta benih memiliki ketahanan yang baik saat berada dalam perjalanan.

    Idelanya gunakan benihbyang sudah memiliki bobot 0,1 gram-0,3 gram.

3. Persiapan Pakan dan Vitamin

Hal yang juga harus diperhatikam dalam budidaya udang air tawar adalah persiapan pakan. Sebab tentunya hal ini menjadi salah satu kunci untuk bisa menghasilkan  udang yang berukuran besar dan memiliki nilai jual tinggi.

Jenis pakan dan jumlah pakan yang digunakan akan berpengaruh langsung erhadap pertumbuhan udang air tawar. Karena itu idealnya pakan udang air tawar harus memenuhi unsur unsur antara lain :

    Biji jagung

    Tepung terigu

    Ketan padi

Tags: