6 Tips Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula dengan Teknik Mudah

  • Home
  • Perikanan
  • 6 Tips Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula dengan Teknik Mudah

Anda tentunya sudah pernah mendengar ataupun melihat seseorang melakukan budidaya ikan lele disekitar anda. Dan tak sedikit pula bagi anda mendengar kegagalan hasil panen dari mereka. Mendengar kisah sukses mereka mungkin anda tertarik untuk mulai membudidayakan ikan lele.

tips sukses budidaya ikan leleBagi anda yang berkeinginan untuk berbudidaya ikan lele agaknya pasti ada rasa khawatir akan kegagalan panen yang banyak diceritakan oramg-orang disekitar anda. Tapi jangan khawatir, karena setelah membaca artikel ini tentunya anda akan mampu mengantisipasi kegagalan dalam budidaya lele.

Tips Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Disini saya telah merangkum penjelasan dan tips sukses budidaya ikan lele bagi pemula yang dapat memberikan kesuksesan pada budidaya ikan lele anda.

Berikut Tips sukses untuk budidaya ikan lele

1. Kolam lele

Untuk lokasi kolam, ada baiknya pada lokasi yang mudah terjangkau dengan maksud untuk memudahkan dalam mengontrol kondisi perairan kolam.

Untuk padat tebar benih lele maka setiap 1 meter persegi kolam dapat menampung 100 benih ikan lele hingga dewasa. Namun kita juga perlu memperhatikan bahwa jangan terlalu memadatkan kolam, hal ini mampu menyebabkan ikan lele akan lebih mudah terserang penyakit.

Untuk persiapan air kolam, sebelum menebar benih lele ada baiknya melakukan pemupukan pada air kolam dengan maksud menumbuhkan dan menyuburkan plankton sebagai makanan ikan. Pemupukan dapat dilakukan dengan pemberian pupuk kandang kedalam air, kemudian dapat kita tambah dengan EM4 sebagai pengurai bahan organik dan kotoran lele sekaligus sebagai pemacu zat pertumbuhan ganggang. Setelah seminggu kemudian air kolam akan dipenuhi oleh ganggang, dengan begitu kadar plankton dalam kolam sudah cukup sebagai makanan ikan lele yang masih kecil.

2. Pakan Alternatif Yang Padat Nutrisi

Kesalahan para peternak lele pemula yang sering adalah menggunakan pelet sebagai pakan dari usia kecil hingga panen. Padahal harga lele selalu fluktuatif sedangkan harga pelet sudah pasti cenderung naik dari waktu ke waktu.

Agar menghemat biaya pakan maka anda sebaiknya menggunakan pakan alternatif sebagai solusi untuk memberikan pakan pendamping yang lebih murah namun dengan kadar protein yang tinggi agar tubuh lele juga tumbuh pesat sekalipun kita mengurangi porsi pakan pelet.

Berikut adalah cara pemberian pakan alternatif yang tepat

Untuk usia muda, sebaiknya pemberian pakan dengan pelet total (ukuran kecil) dengan maksud kandungan protein yang lebih tinggi dibutuhkan lele muda untuk memacu pertumbuhan lele dan menjaga daya tahan tubuh lele. Pemberian pakan pelet pada lele disesuaikan dengan ukuran dan tahapan.

.. ..

Pada tahap awal lele ukuran 5-6 biasanya diberikan pelet terapung sampai bibit lele tersebut berusia 2 bulan. Jenis pakan pelet yang biasa diberikan pada lele usia muda yaitu, PF 800, PF 1000.

Untuk usia dewasa yaitu diatas 2 bulan, biasanya peternak lele lebih konsen untuk meningkatkan bobot/berat ikan. Untuk hal ini dapat kita berikan asupan pakan alternatif seperti berikut ini:

    Maggot lalat, didalamnya mengandung protein maggot dengan prosentase 40%. Pakan jenis ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada ikan.

    Ikan rucah, didalamnya sangat mengandung protein dan gizi yang super tinggi.

    Keong, secara alternatif bisa digunakan sebagai makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele dengan kandungan protein sangat lengkap. Pakan ini sangat menguntungka bagi para peternak lele karena cukup mudah untuk mendapatkannya.

Tags: