34 °C Jakarta, ID
23 May 2019

5 Tips Sukses Budidaya Ayam Kampung Untuk Pemula

Selama ini kita tahu bahwa daging ayam yang kita beli kebanyakan adalah daging ayam broiler. Meski ukurannya besar, namun daging ayam broiler tidaklah seenak daging ayam kampung alias ayam buras. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang sudah mencoba masakan ayam kampung.

Karena rasanya yang enak inilah maka ayam kampung memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Sekarang pun ayam kampung mulai banyak peminatnya sehingga permintaan pasar semakin tinggi. Hal ini merupakan peluang emas bagi kita untuk membudidayakan ayam kampung guna meraup keuntungan.

Cara budidaya ayam kampung juga tergolong cukup mudah dan membutuhkan modal lebih sedikit dibanding dengan ayam broiler. Ayam kampung secara alami juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap penyakit. Meski demikian kami harap anda jangan langsung melakukan budidaya ayam kampung  sekalipun anda bisa membaca tutorialnya di internet. Yang ingin kami tekankan adalah bahwa selain cara budidaya ayam kampung anda juga harus tahu tips sukses budidaya ayam kampung agar keuntungan yang anda peroleh bisa optimal dan minim kerugian.

Tips Sukses Budidaya Ayam Kampung Untuk Pemula

Nah seperti apa sajakah tips sukses budidaya ayam kampung untuk pemula tersebut. Berikut kami rangkum tips sukses dari para peternak ayam kampung yang sukses menjalankan usaha ternak ayam kampung.

1. Memilih Saat Yang Tepat Untuk Memulai Budidaya Ayam Kampung

Ini merupakan kunci sukses pertama pada budidaya ayam kampung, terutama bagi peternak skala kecil. Dengan menargetkan panen di momentum tersebut maka kita akan memulai ternak ayam kampung sekitar 4 bulan sebelumnya. Dengan cara ini hampir bisa dipastikan bahwa peternak akan memperoleh keuntungan optimal ketimbang yang asall-asalan memulai budidaya disembarang waktu. Contohnya adalah harga daging ayam yang murah ketika hari raya qurban sehingga sebaiknya meghindari panen disaat tersebut.

2. Memilih Bibit Unggulan

Kalau ini tentu saja hapir semua peternak ayam sudah tahu. Tapi apakah anda menegerti yang dimaksud bibit ayam unggul itu seperti apa? Apakah yang sehat dan lincah saat kecil? Ya, mungkin itu adalah salah satu cirinya. Namun yang lebih penting adalah jenis dan keturunan ayam itu sendiri.

Jika anda membesarkan ayam buras dari keturunan wareng maka sekalipun diberi makan sebanyak apapun ukuran badannya tetap mentok ke kisaran 1,5-2kg saja. Sedangkan bila anda memelihara ayam buras rambon maka bisa dipastikan ukuran badannya lebih cepat membesar dengan maksimal bisa mencapai 4-5 kg.

Untuk itu jika anda membeli DOC (anakan ayam) maka sebaiknya juga meneliti seperti apakah indukannya dan juga ayam jantan yang mengawininya agar anda tidak mendapatkan bibit ayam yang jelek dan ukuran tubuhnya tidak bisa memebesar.

3. Pemberian Pakan Yang Tepat Waktu dan Bernutrisi Tinggi

Ini juga yang sering tidak diperhatikan peternak ayam kampung. Padahal pakan ayam adalah sumber makanan yang nantinya diserap tubuh ayam dan yang akan memacu perkembangan dan pertumbuhan ayam kampung. Pakan ayam yang baik adalah yang mengandung kadar protein tinggi. Yang paling mudah dibeli tentu adalah sentrat (pur ayam).

Namun anda juga bisa memanfaatkan beberapa pakan alternatif lain seperti jagung, Bungkil kedelai, keong, tepung tulang, tepung ikan, tepung udang, magot, ampas tahu, limbah kedelai, dll yang nantinya bisa dicampur dengan bekatul sebagai makanan selingan sentrat. Pemberian pakan alternatif juga akan membantu menghemat biaya.

Pemberian pakan juga sebaiknya tepat waktu yakni 3 hari sekali pada saat pagi, siang dan sore. Dan yang paling penting adalah agar anda selalu menyiapkan dedaunan sayuran yang digantung didalam kandang. Ini berfungsi untuk mencegah kanibalisme antar ayam yang akan terjadi jika ayam kelaparan dan anda terlambat memberi makan ayam anda. Sedangkan pemberian pakan yang kurang nutrisi seperti misalnya hanya bekatul dan nasi aking saja maka akan sangat menghambat pertumbuhan ayam itu sendiri.

4. Struktur Kandang yang Luas, Sejuk dan Kering

Artinya jumlah populasi ayam yang anda isikan harus menyesuaikan dengan luas kandang karena ayam kampung bersifat lebih aktif ketimbang ayam broiler.Kandang yang baik adalah kandang yang dipagari waring agar ayam bisa keluar untuk bermain-main di pelataran kandang.

Namun cara ini juga harus memperhatikan musim dan cuaca. Saat musim penghujan sebaiknya ayam tetap didalam kandang sembari terus menyalakan lampu dan penghangat. Sedangkan dimusim kemarau cara ini sangat direkomendasikan tapi anda tetap harus memberi penghalang angin ketika angin berhembus terlalu kencang.

Agar suhu dalam kandang tetap sejuk ketika terik siang maka sebaiknya anda mengatur lubang ventilasi dengan baik. Bahkan jika perlu jangan ragu untuk menambahkan kipas blower udara untuk mencegah ayam stress kepanasan. Sedangkan pada musim penghujan sebaiknya kandang bisa dijaga agar tetap hangat dan kering agar tidak mudah ditumbuhi jamur dan bakteri patogenik.

5. Kandang Karantina dan Kandang Sortir

Tips sukses budidaya ayam kampung untuk pemula – Seringnya para peternak pemula tidak memahami bahwa ketika mendapati ayam yang sakit maka harus segera dipisahkan agar tidak menulari ayam lainnya. Anda perlu membuat kandang isolasi yang jauh dari kandang utama untuk menampung ayam yang sakit karena kami yakin anda tak akan tega memusnahkan ayam yang sakit dengan cara dibakar.

Ada kemungkinan ayam yang sakit bisa disembuhkan sehingga bisa kembali bergabung dengan kawanan. Selain kandang karantina kita juga butuh kandang sortir yakni untuk memisahkan ayam yang pertumbuhannya terlambat atau ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding kawanan seumurannya. Hal ini akan mencegah terjadinya kanibalisme terhadap ayam yang kecil.

Nah demikianlah beberapa tips sukses budidaya ayam kampung bagi pemula agar hasilnya bisa optimal. Akan sangat bermanfaat bagi anda untuk mengikuti beberapa tips sukses dari para ahli diatas guna mengoptimalkan keuntungan dan mencegah kerugian terlalu besar. Kami selalu menyarankan bagi pemula agar terus belajar dan memahami ilmunya terlebih dahulu agar anda memperoleh hasil optimal dan tidak gagal bertubi-tubi.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m