5 Macam Tanaman Hias Beserta Contohnya

Tanaman hias dalam penjabaran umum merujuk pada seluruh tumbuhan yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, pemercantik ruangan, perias busana, atau sebagai bunga potong (buket dan karangan bunga).

seluruh tanaman hias memunculkan kesan memukau dari bagian tubuhnya, mulai dari bunga, daun, buah, batang, dan bahkan pepagannya. sebagian tanaman hias juga diketahui memiliki bagian tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar untuk mengharumkan ruangan, atau bisa juga ditanam untuk mempercantik ruangan serta mengusir nyamuk dan serangga.

Tanaman hias bisa ditanam di luar (outdoor) dan di dalam (indoor) ruangan. Setiap orang bisa menanam tanaman hias sendiri di dalam atau sekitar rumahnya. Namun, apakah seluruh tanaman hias memiliki daya pikat? Belum tentu, setiap orang punya pandangan masing-masing dalam menentukan nilai keelokan.

Oleh karena itu, jikalau saat ini kamu sedang tergoda untuk menanam tanaman hias, lebih bagus lihat dulu penjelasan dari tanamtanaman.com tentang macam-macam tanaman hias beserta contoh dan penjelasannya berikut ini.

Macam-macam Tanaman Hias

Setidaknya ada lima jenis tanaman hias, yaitu:

  • Tanaman hias bunga
  • Tanaman hias daun
  • Tanaman hias buah
  • Tanaman hias akar
  • Tanaman hias batang

sesudah mengetahui jenis-jenis dan keumuman keberadaannya, berikutnya kamu bisa melihat contoh dari kelima jenis tanaman hias tersebut menurut kelompok jenis masing-masing.

1. TANAMAN HIAS BUNGA

Tanaman hias bunga didefinisikan sebagai tumbuhan yang memiliki bunga berpesona indah dengan satu atau banyak warna. Tanaman hias bunga bisa meningkatkan keelokan suatu ruangan atau lingkungan di sekitarnya serta menjadikannya terlihat lebih asri. kamu bisa menanam tanaman hias bunga di dalam pot atau pada lahan tanah.

Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa kamu tanam di dalam ataupun luar (sekitaran) rumah. Berikut ini sebagian contoh tanaman hias bunga beserta gambar dan penjelasannya.

Bunga Anggrek

macam-macam-tanaman-hias-bunga-anggrek

Anggrek ialah tanaman hias bunga yang sedikit terkenal di Indonesia. Bunga anggrek kerapkali dipergunakan sebagai ungkapan rasa cinta, simbol kemewahan dan keelokan selama ratusan tahun. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini memiliki banyak sekali varietas dengan keelokan yang dibawa masing-masing variasinya.

Di Indonesia, ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Kita juga bisa dengan simpel menemukan tanaman anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman. Anggrek juga biasa dipakai sebagai bunga potong. daya pikat dari bunga anggrek sudah menjadikannya bunga nasional Singapura dan Thailand.

Bunga Mawar

tanaman-hias-bunga-mawar

Bunga mawar diberi julukan sebagai “Ratu Bunga” disebabkan memiliki keelokan dan keunikan yang khas. Bentuk yang memukau pada kelopak bunga mawar didukung dengan aromanya yang menarik. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Bunga mawar memilik iwarna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan menjadi sebagian jenis menurut tempat tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose. Mawar tergolong sebagai tanaman hias bunga yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena harga jual dari satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya bisa mencatut angka jutaan rupiah.

Bunga Melati

bunga-melati

Tags: