5 Langkah Bisnis Budidaya Mentimun Yang Menguntungkan

5 Langkah Bisnis Budidaya Mentimun Yang Menguntungkan
Mentimun adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang mempunyai banyak kegunaan dan nilai ekonomis yang tinggi. Selain dijadikan sayuran dan dikonsumsi, buah mentimun juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai penyegar, bahan baku industri farmasi dan kosmetika. Sehingga budidaya mentimun bisa dikatakan sebagai budidaya yang mempunyai prospek bisnis yang cukup tinggi.

Pasar ekspor mentimun segar dan produk mentimun dalam bentuk asinan pun berkembang dengan pesat. Beberapa negara di Asia Tenggara, Eropa dan Timur Tengah bisa Anda jadikan sasaran ekspor. Untuk memulai bisnis budidaya mentimun Anda harus mempersiapkan langkah – langkah sebagai berikut:

Mempersiapkan Bahan Dan Perlengkapan

    Siapkanlah benih mentimun yang telah bersertifikasi sebanyak 500 gram untuk luas lahan 5.000 m2 dan siapkan pula pupuk kandang sebanyak 5 ton, kapur pertanian 1 ton untuk luas lahan yang sama.  Selain pupuk di atas siapkan juga pupuk Urea 150 kg, SP – 36 100 kg, KCL 100 kg, dan pupuk ZA 50 kg untuk luas lahan 5.000 m2. Sedangkan untuk pemupukan susulan Anda bisa menyiapkan pupuk NPK sebanyak 90 kg.

    Siapkanlah alat pertanian seperti garu, cangkul, ember, kored dan gembor. Serta alat untuk melakukan panen seperti pisau, timbangan dan tali rafia.

Menyemaikan Benih Mentimun

Persemaian pada budidaya mentimun bisa Anda lakukan dua minggu sebelum proses penanaman pada lahan. Cara persemaiannya dapat dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut:

    Rendamlah benih mentimun di dalam air hangat selama 6 jam untuk memecah dormansi benih. Setelah itu tiriskan benih dan bungkus dengan menggunakan kain lembab. Diamkan benih selama 12 jam dengan kondisi lingkungan yang hangat.

    Siapkan media tanam berupa tanah yang subur dan pupuk kandang. Gunakan perbandingan 2 : 1. Setelah media siap, masukkan media ke dalam polybag, gelas plastik atau tray. Tanam benih mentimun ke dalam media semai. Caranya adalah tancapkan benih ke media dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat dengan ujung yang lancip menghadap ke bawah.

budidaya mentimun
Bibit mentimun siap pindah ke lahan pada budidaya mentimun

Mempersiapkan Lahan Budidaya Timun

Dalam budidaya mentimun, Anda bisa menggunakan tipe tanah seperti lempung, lempung berpasir, gembur, subur dan mempunyai kandungan bahan organik yang tinggi. Tanaman mentimun dapat tumbuh dengan baik pada ketinggia 100 – 900 mdpl.  Adapun langkah – langkah mempersiapkan lahan untuk budidaya mentimun adalah sebagai berikut: