5 Hal Penting Sebelum Memelihara Hewan Marmut

Pernah melihat marmut? Ya, marmut memang hewan yang sangat lucu, unik dan menggemaskan sehingga banyak yang ingin menjadikannya sebagai piaraan.

Memelihara marmut juga cukup gampang karena hewan ini termasuk jinak dan anti melarikan diri dari tuannya.

Asal tahu saja, marmut ini tergolong hewan yang penakut jadi ga perlu khawatir Anda akan kehilangan hewan yang menggemaskan ini.

Belum punya hewan piaraan? Tak ada salahnya lho bila Anda mencoba memelihara marmut. Pasti sangat menyenangkan.

Sebagai pemula, sebelumnya Anda perlu mencari tahu tentang cara-cara memelihara marmut dengan baik agar hewan yang menggemaskan ini bisa tumbuh dengan sehat dan menjalin persahabatan dengan Anda selama mungkin. Berikut hal penting yang harus diperhatikan sebelum memelihara hewan marmut yang lucu ini ya…

Menjinakkan marmut

Marmut dapat menjadi hewan peliharaan anak-anak mulai usia 6 tahun. Hewan ini sangat senang dibelai dan jinak. Setelah membelinya, sebaiknya Anda memberikan waktu bagi marmut untuk sendiri selama beberapa hari agar hewan ini punya waktu untuk mengenali lingkungan barunya.

Pertama kali diangkat, marmut mungkin akan kabur menghindar karena merasa tidak nyaman. Namun, dengan memberikan pancingan berupa sayuran atau makanan kesukaannya plus kesabaran dari Anda, marmut akan segera terbiasa dengan kehadiran sang pemilik.

Selain kesabaran, suara yang lembut dan gerakan perlahan sangat dibutuhkan ketika menjinakkan marmut sebab hewan ini gampang sekali terkejut.

Demi keamanan marmut, gunakanlah handuk untuk memegang hewan ini pada saat akan mengangkat ataupun memindahkannya.

Gunakan dua tangan agar dapat memegang keseluruhan badan marmut karena sedikit saja terjatuh tubuh marmut akan gampang terluka. Selain itu,  tips memegang marmut yang benar ini wajib Anda kuasai untuk menghindari gigitan dari binatang ini.

Memilih kandang

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum memelihara hewan marmut selanjutnya adalah memilih kandang yang tepat. Kandang yang baik adalah kandang yang menyediakan ruang yang cukup bagi marmut untuk bergerak di dalamnya dengan leluasa.

Hindari menempatkan marmut dalam akuarium yang tidak ada ventilasinya ataupun kandang berbahan dasar kawat karena dapat melukai kaki marmut.

Tak kalah penting, jangan menempatkan marmut dalam satu kandang dengan hewan peliharaan lainnya kecuali dengan pasangan marmut lainnya.

Ditakutkan marmut tidak dapat berinteraksi dengan hewan yang tak sejenis dengannya. Jangan lupa, tempatkan kandang marmut di tempat terbuka sehingga aliran udara dan cahaya matahari bisa bebas keluar masuk kandang. Suhu yang ideal bagi marmut adalah antara 18-24 derajat celcius.

Penuhi kebutuhan marmut

Ingin marmut Anda tumbuh sehat? Maka Anda wajib menyediakan kebutuhan marmut dalam kandang, antara lain tempat minum, tempat makan, jerami, sekam atau bekas ketaman kayu sebagai kasur atau tempat tidur, sebuah kotak kecil untuk berlindung yang dikenal dengan nama pigloo serta perlengkapan bermain marmut seperti tangga kecil atau saluran kecil sehingga marmut merasa di habitatnya.

Lengkapi kebutuhan vitamin dalam makanannya

Marmut merupakan hewan yang tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Dilain pihak, marmut sangat membutuhkan vitamin C setiap harinya agar dapat bertahan hidup.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x