5 Cara Merawat Gelombang Cinta Dalam Pot

cara merawat gelombang cinta dalam pot

Cara merawat gelombang cinta dalam pot – Tanaman hias gelombang cinta merupakan jenis tanaman hias daun, ia dapat tumbuh subur di halaman rumah maupun dalam pot. Merawat tanaman hias dalam pot tentunya berbeda dengan menanam tanaman hias yang langsung ditanaman di tanah.

Oleh kerena itu penting untuk mengetahui 5 hal berikut dalam merawat tanaman hias gelombang cinta. Jika tidak mengetahui teknik yang benar, maka tanaman tersebut tidak akan tumbuh dengan maksimal atau bahkan dapat layu dan mati.

5 Cara Merawat Gelombang Cinta Dalam Pot

Penentuan Sinar Matahari

Siapapun pastinya tahu bahwa sinar matahari adalah pertumbuhan penting bagi tanaman apapun termasuk dalam saat merawat gelombang cinta dalam pot ini. Anda harus menentukan sebarapa sering dan seberapa banyak seharusnya gelombang cinta mendapatkan paparan sinar matahari sebagai berikut :

  • Pembentukan zat hijau atau klorofil dibutuhkan oleh tanaman hias gelombang cinta dan ini akan memerlukan bantuan dari sinar matahari.
  • Tanaman ini sebenarnya tidak memerlukan terlalu banyak paparan sinar matahari karena akan menyebabkan layu dan kekeringan.
  • Jika anda meletakan bunga golembang cinta di daerah yang jarang terpapar sinar matahari seperti di pojokan ruangan, maka gunakan metode penjemuran.
  • Proses penjemuran ini setidaknya dilakukan sekali dalam seminggu dengan durasi minimal 15 menit hingga60 menit lamanya.
  • Setelah selesai dengan proses penjemuran maka anda bisa mengembalikan bunga gelombang cinta ketempatnya semula.

Proses Penyiraman

Setelah selesai dengan metode pemberian cahaya matahari, maka kita akn membahas masalah penyiraman. Disini kita juga akan melakukan penyiraman setidaknya sekali dalam sehari saja.

  • Metode penyiraman berbeda akan dilakukan pada musim kemarau, dimana akan mudah terjadi penguapan dan lakukan penyiraman 2 kali sehari ini juga berlaku pada musim panas dimana cuaca sangat panas.
  • Penyiraman akan tergantung pada kualitas dari jenis media tanam yang digunakan. Jadikan hal tersebut menjadi patokan penyiraman.
  • Jika media tanam sudah terlihat terlalu kering maka itu adalah waktunya anda untuk melakukan penyiraman.
  • Namun, jika media sudah sangat lembab dan basah jangan lakukan penyiraman lagi.
  • Ini juga berlaku terhadap wadah dari gelombang cinta tersebut. Lakukan pergantian wadah atau pot secara berkala menyesuaikan dengan ukuran dari gelombang cinta. Jika ukurannya makin besar maka anda harus memindahkan ke pot yang lebih besar juga. Ini akan membantu pertumbuhannya.
Baca juga:  Cara Agar Aglaonema Bebas Hama dan Penyakit

Proses Pemupukan

Proses pemupukan juga merupakan salah satu hal yang penting, berikut cara dan metode nya:

  • Lakukan pemupukan dalam 3 kali sebulan dengan menggunakan campuran dari pupuk NPK dengan air.
  • Caranya : campur pupuk menggunakan takaran 2 gr per 1 liter air.
  • Agar tidak mengalami kebusukan atau kerusakan daun sebaiknya pemupukan jangan sampai mengenai bagian dari daun gelombang cinta tersebut.
  • Setelah itu anda bisa kembali melakukan perawatan harian seperti penyiraman rutin.

Posisi Gelombang Cinta Di Dalam Pot

Walaupun tanaman ini memang tidak terlalu menyukai terkena sinar matahari secara langsung, namun anda tetap harus menyesuaikan posisinya menghadap sinar matahari agar kebutuhannya tercukupi. Karena ini merupakan jenis tanaman yang hanya akan menampilkan keindahan daun, maka sangat dibutuhkan bantuan sinar manatahari.

Ini supaya pertumbuhan dari daun gelombang cinta dapat subur dan sehat serta terlihat sangat hijau nan indah. Jika anda juga ingin memperindah tampilan dari daun gelombang cinta maka gunakan sepenggal tips dari kami ini. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan susu murni.

Dimana nantinya anda hanya perlu menyiapkan segelas susu murni dan celupkan kain atau lap bersih. Setelah itu oleskan langsung ke daun gelombang cinta tersebut. Ini akan membuat daun tanaman hias anda menjadi kian cantik dan mengkilap. Tunggu hingga kering dan bersihkan menggunakan air bersih.

Namun ingat untuk selalu mebersihkan daun gelombang cinta sebelum dilakukan terapi susu ini. Baik daun bagian bawah dan bagian atas harus terlebih dahulu bersih agar nantinya gelombang cinta bisa menyerap dengan bagus terapi susu tersebut. Untuk hasil yang maksimal maka lakukan terapi ini setidaknya sekali seminggu.

Tips Memicu Pertumbuhan

Ada beberapa hal yang mungkin terlewatkan ketika kita mempelajari cara merawat gelombang cinta dalam pot ini. Beberapa diantaranya adalah tips yang memungkinkan untuk mendapatkan tanaman hias daun yang indah.

  • Jangan lupa untuk selalu teratur memenuhi kebutuhan air. Tapi jangan sampai anda mebuat media tanam terlalu lembab dan air tergenang.
  • Air yang menggenangi media tanam atau terlalu lembab akan menyebabkan busuknya akar dan mudahnya tumbur jamur yang bersifat parasit.
  • Jangan lupa untuk memotong daun yang membusuk agar tidak menyebar ke daun yang lain.
  • Jangan lupa untuk membuang hama yang mungkin terlihat di batang ataupun didaun gelombang cinta ini.
  • Jika hama atau serangan penyakit terlalu banyak, maka jangan lepa menggunakan bantuan dari bahan-bahan kimia.
  • Jangan lupa juga mebersihkan gulma yang akan selalu tumbuh di bagian bawah di dekat media tanam. Jika pertumbuhan gulma terlalu banyak ini akan menggangu kesuburan dari tanaman gelombang cinta tersebut.
Baca juga:  Beberapa Jenis Kaktus Mini Yang Lucu

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x