Kali ini kiat akan mebahas tentang cara budiaya burung gelatik putih yang sesuai dengan namanya memiliki warna putih bersih dan indah. Ada beberapa faktor penting dalam cara budidaya burung gelatik putih ini.Burung gelatik putih ini memiliki penampilan yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan burung gelatik jawa.

Dimana keseluruhan warna bulu dari gelatik putih adalah putih nyaris tanpa corak sama sekali. Selain warnanya yang eksotis dan menarik, berikut akan kita bahas pandudan dan cara burung gelatik putih dibawah ini. Yuk simak penjelasannya!

1. Cara memilih Calon Indukan

Hampir disetiap pembahasan cara budidaya burung gelatik menganjurkan calon peternak untuk memilih dan mencari indukan yang berkualitas bukan? Ya, untuk mebudidayakan gelatik putih inpun anda diharapkan bisa memilih dan mendapatkan indukan yang baik dan berkualitas. Bagaimana caranya? Amati bentuk tubuh, jangan sampai ada cacat, sakit dan carilah yang memiliki tubuh berukuran lebih besar. Ini bagus untuk mengetahui persentase kesuburan telur yang nantinya akan dihasilkan.

2. Membedakan Gelatik Putih Jantan dan Betina

Untuk membedakan jantan dan betina dari gelatik putih, anda harus mengenali ciri-ciri mereka terlebih dahulu:

  • Gelatik jantang akan memiliki postur badan yang labih professional dan tegap jika dibandingkan dengan postur tubuh gelatik putih yang betina.
  • Bagian mata maka akan lebih keruh untuk gelatik putih betina dan akan terlihat lebih tajam pada gelatik putih jantan.
  • Pangkal paruh gelatik putih betina memiliki warna merah muda sedangkan gelatik putih jantan bewarna merah tua.
  • Gelatik jantan memiliki beragam variasi suara sedangkan yang betina biasanya hanya akan memiliki satu varian suara. Itulah cara budidaya burung gelatik putih!

3. Memilih Jenis Kandang atau Sangkar

Biasanya peternak dari gelatik putih akan mengunakan jenis kandang sistem soliter, dimana jenis kandang ini adalah kandang yang diperuntukan hanya untuk sepasang indukan gelatik putih saja.

  • Tidak memerlukan ukuran kandang yang besar dan luas, gunakan saja ukuran kandang
  • Kandang senduri bisa terbuat dari materila kawat maupun material kayu.
  • Sedangkan bahan atau material yang akan menjadi bagian dinding kandnag bisa berupa kawat kasa maupun jeruji yang terbuat dari bambu.
  • Sedangkan kandang untuk proses perjdohan atau perkawinan dari burung gelatik putih setidaknya harus berukuran lebar 40 cm, panjang 60 cm dan tinggi 40 cm.
  • Jangan lupa memasukan beragam peralatan penting didalam kandang gelatik putih seperti tempat makan, tempat minum, tenggeran dan alas kandang.
  • Sediakan juga gelodok atau triplek agar nantinya bisa menjadi temoat sarang bagi burung gelatik putih. Ukurannya dalah sekitar 10 cm lebar, 10 cm tinggi dan panjang sekitar 15 cm.
  • Jangan lupa untuk membuat sebuah lubang berbentuk bulatan sebagai pintu yang digunakan burung keluar masuk nantinya.
  • Tempatkan kotak sarang di bagiandinding belakang dan masukan juga didalam kotak sarang beberapa bahan seperti rumput-rumput kering dan pada bagian alas kotak kandang juga harus diberikan material berupa rumput kering yang lebih banyak tentunya. Ini dilakukan agar memancing indukan yang berhasil dijodahkan menggunakan kotak kandnag sebagai sarang mereka.

4. Proses Perjodohan Gelatik Putih

Ada 2 metode perjodohan gelatik putih yangumum digunakan. Salah satunya  adalah dengan menggunakan sistem kandang seperti yang dijelaskan diatas. jadi indukan sudah mulai mengenal satu sama lain tanpa perlu proses pendekatan lagi. namun jika dari awal indukan gelatik putih berada pada kandang yang terpisah maka gunakan cara perjodohan burung biasa yang sering dilakukan peternak. Caranya adalah :

  • Buat indukan jantan dan betina saling mengenal terlebih dahulu dengan cara mendekatkan mereka di 2 kandang yang terpisah.
  • Biasanya akn mebutuhkan beberapa hari agar proses perkenalan berhasil, jika proses ini berhasil maka indukan jantan dan betina akan terlihat merespon dnegan tindakan agresif. Seperti terbang kesana kemari dan mulai mamnggil-manggil pasangan.
  • Setelah hal ini terjadi maka tugas anda adalah mendekatkan mereka dan menyatukan indukan tersebut ke kandang budidaya diman sudah terdapat kotak sarang didalamnya.
  • Jangan camourkan indukan yang dijodohkan dengan burung lain, karena selama masa breeding atau penjodohan induk burung gelatik putih ini akan menjadi lebih agresif melampaui biasanya.
  • Pantau tanda-tanda keberhasilan budiaya, dimana setelah sekitar 15 hari biasnaya indukan betina akan menhasilkan telur-telur mereka. Induk betina yang sehat dan unggulan bisa menghasilkan 5 hingga 9 butir telur setiap sekali perkawinan.

5. Menentukan Kualitas Telur

Peternak dari burung gelatik putih tentunya menginginkan jumlah telur yang banyak dengan kualitas maksimal setelah hasil perjodohan bukan? Diamana telur yang dihasilkan induk betina akan dierami selam 20 hari minimal. Namun, tak jarang para peternak menggunakan bantuan dari mesin penetas telur. Dimana ini memiliki 2 fungsi utama yakni mempercepat proses budidaya kembali dan memastikan kualitas telur.

  • Kualitas telur yang dihasilkan bisa diterawang atau diteropong jika menggunakan mesin penetasan telur.
  • Tahapan peneropongan ini sebenarnya merupakan tahapan penting yang harus segera dilakukan peternak jika menggunakan bantuan dari mesin penetasn telur.
  • Diamana nantinya telur kosong atau yang tidak baik bisa segera dipisahkan dari telur lain yang potensial.
  • Telur kosong atau yang tidak baik akan ditandai dengan bagian dalam yang sangat jernih tanpa adanya serabut urat, tidak ada tanda-tanda kehidupan dan tidak terlihat adanya perubahan pada bagian daerah rongga udara. Jika menemukan ciri-ciri telur yang seperti ini maka segera pisahkan dan keluarkan dari mesin inkubator.
  • Selain mendapatkan sebuah telur kosong, kecendrungan mendapatkan telur berkualitas buruk lainnya adalah mendapatkan telur mati. Dimana jenis ini akan memiliki tanda pelangi atau bentik hitam disertai merah yang tentunya sama sekali tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda kehidupan.
  • Telur yang baik dan hidup adalah telur yang jika dilihat dan diteropong anda bisa menemukan gambaran serabut urat dan rngga udara yang kian melebar seta tanda-tanda kehidupan.

6. Anakan gelatik putih

Setelah menetaskan anakan dari gelatik putih baik dengan menggunakan mesin penetasan telur atau menggunakan cara alami yaitu dierami oleh sang induk. Mengerti akan perawatan anakan adalah hal utama.

  • Biasanya induk betina mebutuhkan waktu sekitar 20 hari untuk mengeram dan anakan umur 21 hari sudah bisa dipisahkan dari induk.
  • Namun jika anda memisahkan anakan dari induk, anda juga harus mengetahui cara meberi makan atau meloloh anakan burung tersebut.
  • pakan anakan yang akan dillohkan tersebut tidak jauh berbeda dnegan pakan sang induk yaitu berupa serangga segar yang telah dipotong halus.
  • Ingat bahwa anakan baru akan belajar makan sendiri ketika menginjak usia 2 atau 3 bulan pertama. Jadi pastikan anda memberikan pakan terbaik, dan kenalkan makanan buatan ketika mereka beranjak besar.

Demikianlah artikel tantang cara budidaya burung gelatik puting yang berhasil kami rangkum kali ini.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m