Pada zaman dahulu keong atau yang disebut dengan tutut merupakan salah satu hama yang sangat mengganggu bagi para petani. Bahkan ketika mereka menemukan keong, maka mereka tak segan untuk langsung membuang keong tersebut karena memang sangat mengganggu terhadap kelangsungan hidup tanaman mereka.

Cara Budidaya Keong Macan

Namun dewasa ini, keong menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk dibudidayakan karena memang keong merupakan salah satu hewan yang bermanfaat jika digunakan atau dimanfaatkan dengan benar. Memang bukan rahasia lagi jika keong banyak bermanfaat untuk kesehatan seperti misalnya digunakan untuk membantu mengobati penyakit liver atau digunakan untuk menambah nafsu makan.

Adapun manfaat lainnya dari keong adalah digunakan sebagai makanan ternak seperti misalnya untuk pakan lele, sidat, bebek, maupun juga digunakan untuk makanan ayam. Ada banyak jenis keong yang bisa anda budidayakan dan salah satu keong yang sekarang sudah mulai menambah perhatian khusus adalah keong macan.

Keong macan merupakan salah satu jenis keong yang sekarang sudah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk dibudidayakan. Banyak manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi keong macan seperti yang telah kita bahas sebelumnya.

Namun, mungkin anda masih bingung mengenai bagaimana cara budidaya keong macan karena memang budidaya keong macan jarang dilakukan sehingga caranya pun sedikit orang yang mengetahuinya. Pada dasarnya cara budidaya keong macan hampir sama dengan jenis keong lainnya pada umumnya.

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara budidaya keong macan yang penting anda ketahui.

  1. Mempersiapkan Kolam Budidaya Keong Macan

Cara budidaya keong macan yang pertama yang harus anda perhatikan adalah mempersiapkan kolam budidaya keong macan yang akan anda gunakan. Ada beberapa pilihan kolam yang bisa anda gunakan untuk membudidayakan keong, diantaranya adalah dengan menggunakan tanah, terpal, maupun juga bisa menggunakan semen.

Namun dari ketiga jenis kolam tersebut, kami menyarankan anda untuk lebih menggunakan kolam tanah dibandingkan menggunakan jenis kolam lainnnya. Untuk ukuran kolam yang akan anda gunakan bisa membuatnya dengan ukuran 8 meter x 10 meter dan kolam harus dibuat landai sehingga nantinya keong macan tersebut bisa memanjat ke atas ketika misalnya suhu sudah mulai berubah.

Baca juga:  5 Hal Penting Sebelum Memelihara Hewan Marmut

Untuk air yang anda gunakan, kami menyarankan anda menggunakan air dari pegunungan, sumur, maupun juga bisa menggunakan air dari sungai agar nantinya keong macan bisa hidup dengan nyaman di kolam anda. Kemudian yang harus anda lakukan adalah dengan membuat saluran air keluar masuk kira – kira 50 sampai dengan 100 cm. Dan juga anda jangan lupa meletakkan kayu maupun ranting sehingga keong bisa memanjat.

2. Pemilihan Benih

Cara budidaya keong macan yang kedua adalah dengan memilih benih keong macan dengan kualitas unggul. Mungkin anda sudah tahu bahwa faktor yang menjadi salah satu penentu akan keberhasilan suatu budidaya adalah benih atau bibit yang dipilih. Indukan keong macan yang bagus bisa anda dapatkan di area persawahan, sungai, maupun juga bisa anda dapatkan di tempat irigasi.

Cara Budidaya Keong MacanAnda disarankan untuk memilih indukan yang memiliki ukuran kurang lebih 4 cm. Semakin besar indukan keong macan yang anda pilih, maka tentunya akan semakin cepat pula indukan keong macan tersebut akan bertelur dan bahkan sekali bertelur pun akan bertelur sebanyak ratusan.

Sekedar informasi bagi anda bahwa jika misalnya anda mendapatkan keong macan indukan dengan kualitas terbaik, maka tentunya ketika nantinya anda tiba pada tahap atau musim panen, anda akan mendapatkan keong macan dengan kualitas terbaik sehingga harga yang akan anda dapatkan pun akan lumayan tinggi.

Mengapa? Karena keong dengan kualitas tinggi biasanya akan digunakan sebagai makanan untuk mengobati berbagai penyakit, sementara jika anda mendapatkan keong macan kualitas biasa saja maka kemungkinan besar keong macan tersebut hanya akan digunakan sebagai makanan hewan ternak.

3. Pemberian Makan Keong Macan

Hal ketiga yang harus anda perhatikan dalam melakukan budidaya keong macan adalah berhubungan dengan pemberian makan keong macan. Anda harus tahu bahwa anda tidak boleh memberikan garam kepada keong anda karena tentunya keong anda akan langsung mati.

Baca juga:  Berbagai Jenis Sapi Perah Yang Perlu Kamu Tahu

Kemudian anda juga tidak dianjurkan untuk memberikan air sampai memenuhi kolam anda. Mengapa? Karena keong macan maupun keong lainnya akan meletakkan teurnya di tempat yang tidak mengandung air. Anda juga harus tahu bahwa dengan berharap keong macan tersebut akan meletakkan telur – telurnya pada batang kayu yang anda tancapkan.

Adapun makanan yang kami sarankan untuk anda berikan adalah seperti misalnya daun – daunan, anda juga bisa memberikan pelet ikan sebagai makanan selingan untuk memberikan tambahan protein kepada keong macan yang anda budidayakan. Untuk jenis daun yang bisa anda gunakan adalah seperti daun pepaya, daun talas, maupun juga daun singkong meskipun memang anda masih bisa menggunakan daun lainnya.

4. Cara Memanen Keong Macan

Tahap selanjutnya yang harus anda ketahui adalah tentang bagaimana cara memanen keong macan dengan benar. Adapun cara memanen keong macan yang bisa anda lakukan adalah dengan memanen semua keong macan yang memang sudah siap panen, atau anda juga bisa melakukan pemanenan secara parsial dengan menyisakan beberapa keong macan di dalam kolam untuk kemudian keong macan tersebut bisa bertelur kembali.

Yang tidak kalah penting adalah anda harus segera sering mengganti air yang ada di kolam anda agar supaya keong macan yang anda budidayakan bisa berkembang biak dengan sehat sehingga tidak terkena atau membawa penyakit tertentu karena nantinya keong tersebut akan menjadi makanan untuk kesehatan tubuh maupun juga digunakan sebagai pakan beberapa hewan yang telah disebutkan sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan cara budidaya keong macan yang bisa anda lakukan sendiri di tempat anda. Dengan mendapatkan keong macan dengan kualitas unggul, maka tentunya keuntungan yang akan anda dapat bisa lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan keong macan dengan kualitas yang biasa aja.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih. Ada beberapa informasi penting lainnya yang harus anda ketahui seperti misalnya:

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m

Similar Posts

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments