10 Tumbuhan Langka di Indonesia Yang Perlu Dilestarikan

Jumlah tumbuhan langka di Indonesia semakin sedikit, bahkan sebagian tumbuhan ada yang mendekati kepunahan. Oleh karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk melestarikannya agar anak cucu kelak masih bisa melihat tumbuhan langka tersebut.

Walaupun pemerintah sudah membuat aturan untuk melindungi tumbuhan langka tersebut, tanaman masih ada tangan-tangan jail yang merusaknya.

Nah, sudah sepatutnya kamu ikut berpatisapasi dalam melestarikan tumbuhan – tumbuhan langka di Indonesia agar bisa dinikmati oleh generasi penerus. Sebelum itu kamu harus mengetahui jenis tanaman apa saja yang dilindungi, sehingga bisa ikut merawat bila menemukan tanaman ini.

Daftar Tumbuhan Langka di Indonesia yang Terancam Punah

Bunga Edelweiss Jawa

Bunga Edelweiss Jawa

Edelweiss Jawa atau yang biasa disebut dengan Bunga Senduro merupakan tumbuhan langka di Indonesia yang banyak tumbuh di puncak gunung. Bunga dengan nama latin Anaphalis javanica ini sangat kritis keadaannya setelah seringnya terjadi erupsi gunung berapi.

Bunga Edelweiss tetap terlihat segar setelah dipetik, hal inilah yang membuat para pendaki membawa bunga ini sebagai oleh-oleh.

Hasilnya membuat populasi bunga ini menurun drastis, bahkan sudah diambang kepunahan. Bunga yang disebut juga dengan bunga abadi ini mekar pada bulan April hingga Agustus.

Bunga Edelweiss bisa bertahan hidup hingga 100 tahun dengan pertumbuhan batang mencapai 8 meter. Ada sekitar 300 jenis serangga yang hinggap dan menghisap sari bunganya.

Daun Payung

Tanaman Langka Daun Payung

Daun payung atau disebut juga dengan daun salo atau sang adalah tumbuhan langka yang hidup di daerah sumatera. Tumbuhan dengan nama ilmiah Johannesteijsmannia altifrons ini ditemukan oleh Profesor Teijsman sehingga namanya juga diambil dari nama penemunya.

Tumbuhan yang mempunyai daun sangat besar, lebar, dan kuat sehingga pada zaman dahulu tumbuhan ini banyak digunakan sebagai atap dan diding rumah. Karena fungsinya inilah tumbuhan ini disebut dengan nama daun payung.

Tengkawang atau Meranti Merah

Tengkawang atau Meranti Merah

Tengkawang merupakan tumbuhan langka di Indonesia yang tumbuh di daerah Kalimantan. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan untuk diambil minyak lemaknya yang berharga tinggi. Pohon khas Kalimantan ini memiliki banyak spesies, dimana 12 diantaranya sudah dilindungi oleh pemerintah karena jumlahnya yang semakin menipis.

Minyak tengkawang biasanya dibuat dari biji-biji yang telah jatuh. Biji tersebut kemudian dijemur dan sangrai sampai kering sebelum kemudian dibuat minyak. Minyak ini bisa digunakan sebagai obat-obatan tradisional, bumbu masakan, dan sebagai bahan untuk membuat kosmetik.

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Tanaman langka di Indonesia adalah anggrek tebu. Tumbuhan ini termasuk ke dalam keluarga anggrek yang bisa tumbuh besar, bahkan dalam satu rumpun beratnya bisa mencapai 1 ton. Karena ukuran yang sangat besar inilah, anggrek tebu sering disebut dengan bunga raksasa.

Anggrek tebu memiliki bunga berwarna kuning kehijauan dengan bintik-bintik berwarna merah, coklat, dan coklat kehitaman. Tumbuhan raksasa ini sangat unik, meskipun batangnya telah dipotong tapi bunganya tetap bisa bertahan sampai 2 bulan. Tumbuhan ini sudah mulai sulit untuk ditemui, oleh karena itu anggrek tebu dimasukan dalam jenis tumbuhan yang dilindungi.

Tumbuhan Cendana

Tumbuhan Langka di Indonesia, tanaman cendana

Cendana merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak kegunaan di Indonesia. Kayu cendana biasanya diolah untuk dijadikan rempah-rempah, parfum, dupa, hingga sangkur keris. Konon bau harum kayu cendana bisa bertahan sampai ratusan tahun.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x